Detail Cantuman

Implementasi Website E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi Kasus di Universitas Tanri Abeng Jakarta)

Implementasi Website E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi Kasus di Universitas Tanri Abeng Jakarta)


Konsep pembelajaran e-learning telah banyak diterapkan, dimana peserta didik dapat belajar kapan saja tanpa tatap muka secara langsung dengan guru atau dosen dengan menggunakan bantuan perangkat elektronik dan jaringan internet. Pada saat ini Universitas Tanri Abeng masih menggunakan Google Classroom sebagai media pembelajaran virtual. Penggunaan Google Classroom memiliki fitur yang belum memenuhi aktivitas belajar mengajar. Salah satu perangkat e-learning open source yang banyak digunakan adalah Moodle. Moodle memiliki fitur-fitur yang belum dimiliki oleh Google Classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun e-learning berbasis Moodle di Universitas Tanri Abeng. Metode penelitian yang digunakan adalah Waterfall. Ada tiga pengguna yang akan dikembangan dalam Moodle yaitu Admin, Dosen, dan Mahasiswa. Fitur yang dapat digunakan oleh Dosen antara lain mempersiapkan materi pembelajaran, memberikan pengumuman, memberikan quiz / assignment, dan memberikan nilai akhir di setiap matakuliah. Mahasiswa memilki fitur antara lain mengakses materi, melakukan absensi, dan mengikuti quiz / assignment yang dipersiapkan oleh dosen. Dan admin memiliki hak sepenuhnya dalam mengelolah seluruh fitur yang tersedia. Pengembangan website e-learning diharapkan memberikan solusi untuk Universitas Tanri Abeng dalam menunjang kegiatan belajar mengajar dan mampu mengintegrasikan website dari akademik (SIAKAD-TAU).


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Rinto Hidayat - Personal Name
Edisi
No. Panggil
Subyek e-learning, Moodle, Waterfall
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Informatic Engineering
Bahasa Indonesia
Penerbit Tanri Abeng University
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit Jakarta
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2022).Implementasi Website E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi Kasus di Universitas Tanri Abeng Jakarta).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To 

Repositori Dokumen

TANRI ABENG UNIVERSITY

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Files Documentation Official
Youtube Repository Files Documentation Official
Instagram Repository Files Documentation Official

Address

TANRI ABENG UNIVERSITY
Jl. Swadarma Raya No.58
Kelurahan Pondok Ulujami, Kecamatan Pesanggerahan, Kota Jakarta Selatan Selatan
E: yenti.sumarni@tau.ac.id