Detail Cantuman

Aplikasi Sistem Monitoring Server Menggunakan Device Orange PI Berbasis Web Service (Studi Kasus PT. MNC Televisi Indonesia - MNC Group)

Aplikasi Sistem Monitoring Server Menggunakan Device Orange PI Berbasis Web Service (Studi Kasus PT. MNC Televisi Indonesia - MNC Group)


Server merupakan komponen utama sistem jaringan komputer yang berfungsi untuk menyediakan suatu layanan kepada pengguna yang biasa disebut client. Aktifitas dan operasional pelayanan sebuah server terhadap client dalam penerapannya terdiri dari beberapa proses untuk memenuhi segala permintaan client yang dikirimkan pada server tersebut. Oleh karena itu, diperlukan suatu aplikasi sistem yang dapat melakukan pemantauan semua aktifitas di dalam server, sehingga administrator (operator) dapat memantau dan mendeteksi apabila terjadi permasalahan pada server yang digunakan. Aplikasi ini juga menerapkan pelaporan otomasi melalui email, jika terdapat service yang mati atau bekerja tidak dalam keadaan normal diperangkat-perangkat yang terhubung di jaringan tersebut. Penelitian ini menghasilkan aplikasi web menggunakan bahasa pemrograman PHP yang mampu melakukan pemantauan dan pengumpulan informasi dari perangkat server. Aplikasi ini juga menggunakan protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) untuk melakukan pemantauan pada perangkat, serta infomasi perangkat akan dikumpulkan pada server monitoring sehingga ditampilkan pada aplikasi berbasis web, karena protokol TCP/IP merupakan protokol manajemen jaringan yang mengatur dan menyimpan segala informasi jaringan di dalamnya. Hasil dari luaran aplikasi ini adalah sebuah web yang mampu mengeluarkan beberapa informasi mengenai server yang dipantau. Aplikasi ini dapat mengirimkan pesan peringatan berupa email kepada administrator saat terjadi kesalahan pada perangkat server, dengan demikian proses eskalasi penanganan server menjadi lebih cepat dilakukan. Aplikasi web ini, dapat mempermudah adminstrator dalam memonitoring perangkat server yang khususnya berada di PT. MNC Televisi Indonesia - MNC Group.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Cepi Muh. Usman - Personal Name
Muhammad Rusli - Personal Name
Edisi
No. Panggil
Subyek Server, TCP/IP, PHP, Email
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Informatic Engineering
Bahasa Indonesia
Penerbit Tanri Abeng University
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit Jakarta
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2022).Aplikasi Sistem Monitoring Server Menggunakan Device Orange PI Berbasis Web Service (Studi Kasus PT. MNC Televisi Indonesia - MNC Group).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To 

Repositori Dokumen

TANRI ABENG UNIVERSITY

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Files Documentation Official
Youtube Repository Files Documentation Official
Instagram Repository Files Documentation Official

Address

TANRI ABENG UNIVERSITY
Jl. Swadarma Raya No.58
Kelurahan Pondok Ulujami, Kecamatan Pesanggerahan, Kota Jakarta Selatan Selatan
E: yenti.sumarni@tau.ac.id