Detail Cantuman

Analisis dan Perancangan Simulasi Perbandingan Kinerja Jaringan Komputer Menggunakan Metode Protokol Rounting Statis, Open Shortest Path First (OSPF) dan Border Gateway Protocol (BGP) (Studi Kasus Universitas Tanri Abeng)

Analisis dan Perancangan Simulasi Perbandingan Kinerja Jaringan Komputer Menggunakan Metode Protokol Rounting Statis, Open Shortest Path First (OSPF) dan Border Gateway Protocol (BGP) (Studi Kasus Universitas Tanri Abeng)


Jaringan merupakan komunikasi antara dua device untuk saling berkomunikasi baik menggunakan media wire maupun wireless. Pada penelitian ini akan dibangun suatu topologi network dengan metode routing dinamis yang akan membantu dalam meningkatkan performa jaringan. Jaringan LAN yang digunakan di Tanri Abeng University menggunakan routing statis. Kelemahan dari routing ini adalah proses routing dilakukan secara manual sehingga dibutuhkan routing dinamis yaitu OSPF dan BGP yang dapat mengirimkan paket data secara otomatis. Pada penelitian ini dilakukan ping menggunakan cisco packet tracer sebanyak 100 kali dengan ukuran paket data yang dikirim sebesar 32 byte. Pada penelitian ini dilakukan skenario pengujian sebanyak delapan kali pada setiap parameter troughput, packet loss, delay, dan jitter dengan harapan untuk menentukan metode routing manakah yang lebih optimal diantara routing statis, OSPF, dan BGP. Didapatkan hasil bahwa routing BGP dalam parameter throughput dan packet loss sedangkan untuk routing OSPF lebih unggul delay dan jitter. Routing OSPF dan BGP masing-masing mempunyai kelebihan yaitu dapat diterapkan kedalam jaringan dengan ruang lingkup yang berbeda-beda. Untuk routing OSPF diterapkan ke dalam ruang lingkup jaringan yang lebih kecil sedangkan untuk routing BGP diterapkan ke dalam jaringan dengan routing yang lebih besar. Jika diterapkan ke dalam Tanri Abeng University yang mempunyai ruang lingkup yang kecil maka routing OSPF lebih optimal dibandingkan dengan routing BGP dilihat dari ruang lingkup jaringan yang digunakan.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Sahril Amuda - Personal Name
Edisi
No. Panggil
Subyek Routing, Statis, OSPF, BGP
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Informatic Engineering
Bahasa Indonesia
Penerbit Tanri Abeng University
Tahun Terbit 2021
Tempat Terbit Jakarta
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2021).Analisis dan Perancangan Simulasi Perbandingan Kinerja Jaringan Komputer Menggunakan Metode Protokol Rounting Statis, Open Shortest Path First (OSPF) dan Border Gateway Protocol (BGP) (Studi Kasus Universitas Tanri Abeng).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To 

Repositori Dokumen

TANRI ABENG UNIVERSITY

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Files Documentation Official
Youtube Repository Files Documentation Official
Instagram Repository Files Documentation Official

Address

TANRI ABENG UNIVERSITY
Jl. Swadarma Raya No.58
Kelurahan Pondok Ulujami, Kecamatan Pesanggerahan, Kota Jakarta Selatan Selatan
E: yenti.sumarni@tau.ac.id