Detail Cantuman

Sistem Absensi Karyawan Berbasis Location Based Services (LBS) Menggunakan Platform Android (Studi Kasus: PT. Noxus Ideata Prima)

Sistem Absensi Karyawan Berbasis Location Based Services (LBS) Menggunakan Platform Android (Studi Kasus: PT. Noxus Ideata Prima)


Sebagai suatu instansi yang bergerak dibidang Teknologi Informasi PT. Noxus Ideata Prima tidak terlepas dari peranan sumber daya manusia (SDM) yang bekerja. Berdasarkan hal tersebut PT. Noxus Ideata Prima perlu melakukan penilaian kinerja karyawan untuk mengetahui tingkat kualitas dari kinerja karyawan tersebut. Salah satu faktor yang mempengaruhi penilaian kinerja karyawan adalah faktor pendataan kehadiran karyawan. Namun, PT. Noxus Ideata Prima masih menggunakan sistem pendataan kehadiran karyawan secara manual dengan melakukan absensi secara langsung dan disimpan sebagai file excel konvensional. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat efektifitas dan efisiensi serta memodernisasi sistem pendataan kehadiran karyawan yang sebelumnya berbasis manual menjadi berbasis LBS (Location Based System) dengan sistem operasi mobile android. Proses pengembangan sistem ini menggunakan metode SDLC (Systems Development Life Cycle) dengan model waterfall yang dilakukan melalui tahapan perencanaan sistem, analisis sistem, perancangan sistem, evaluasi dan seleksi sistem, implementasi sistem, dan pemeliharaan sistem. Sistem pendataan kehadiran karyawan berbasis LBS (Location Based System) dengan sistem operasi mobile android ini akan dibangun menggunakan bahasa pemrograman C#, serta elemen-elemen lain seperti XML, JSON Data dan RESTful API. Untuk penyimpanan basis data pada sistem ini menggunakan PostgresSQL. Penelitian ini menghasilkan sistem pendataan kehadiran karyawan berbasis LBS (Location Based System) dengan sistem operasi mobile android yang memilki beberapa fungsi yang dapat memudahkan proses pengolahan pendataan kehadiran karyawan yang dilakukan pihak HRD (Personalia) PT. Noxus Ideata Prima dan proses absensi yang dilakukan oleh karyawan yang bekerja. Beberapa fungsi yang disediakan adalah fungsi absensi yang dapat dilakukan oleh karyawan melalui aplikasi mobile android, pengecekan hari libur selama satu tahun kedepan, dan pengecekan laporan dari kehadiran karyawan tersebut yang dapat dilihat per-bulan dan per-tahun serta satu tahun sebelumnya.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Annisa Dayumi - Personal Name
Edisi
No. Panggil
Subyek Absensi, Mobile Android, (Location Based System),
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Informatic Engineering
Bahasa Indonesia
Penerbit Tanri Abeng University
Tahun Terbit 2019
Tempat Terbit Jakarta
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2019).Sistem Absensi Karyawan Berbasis Location Based Services (LBS) Menggunakan Platform Android (Studi Kasus: PT. Noxus Ideata Prima).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To 

Repositori Dokumen

TANRI ABENG UNIVERSITY

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Files Documentation Official
Youtube Repository Files Documentation Official
Instagram Repository Files Documentation Official

Address

TANRI ABENG UNIVERSITY
Jl. Swadarma Raya No.58
Kelurahan Pondok Ulujami, Kecamatan Pesanggerahan, Kota Jakarta Selatan Selatan
E: yenti.sumarni@tau.ac.id