Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan ISS Versi "Great Experience"


ISS adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa cleaning service dan security. Perusahaan ini membuat iklan korporat yang bertujuan untuk meningkatkan citra perusahaan. Iklan ini merepresentasikan banyak makna (pesan yang ingin disampaikan) oleh perusahaan kepada khalayak. Oleh karna itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna tanda denotasi, konotasi dan mitos dari iklan ISS tersebut. ISS membutuhkan aspek marketing di bidang promosi dalam membangun citra sebagai perusahaan secara personal maupun umum, Iklan korporat dirancang dengan tujuan akhir, yaitu menciptakan citra yang positif dan mengkomunikasikan sudut pandang organisasi terhadap sosial, bisnis, dan permasalahan lingkungan. Tujuan dari iklan korporat mengindikasikan dua sasaran yaitu publik internal dan eksternal dinilai dari sudut pandang semiotika.

Semiotika adalah suatu ilmu atau metode analisis untuk mengkaji tanda, tanda-tanda adalah perangkat yang kita pakai dalam upaya menilai suatu fenomena diantaranya manusia dan apa yang dilakukan oleh manusia. Menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian menggunakan jenis penelitian interpretatif, teori analisis semiotika yang mengacu pada teori Roland Barthes.

Metode triangulasi yaitu dokumentasi, observasi dan wawancara menjadikan hasil penelitian menemukan keselarasan teori dengan hasil penelitian mengembangkan kualitas pelayanan terbaik kepada pelanggan demi keuntungan semua pihak yang terkait. ISS menciptakan iklan yang mengacu pada tagline "service human touch" ISS menanamkan kepada setiap khalayak pada iklan tersebut.

Hasil penelitian Iklan ISS versi "Great Experience" memiliki dua kesimpulan tujuan dan visi perusahaan, makna denotasinya menggambarkan layanan jasa serta value ISS. Makna konotasinya yaitu tentang citra perusahaan yang memiliki keunggulan pelayanan dan dedikasi karyawan. Makna mitos pada iklan ISS untuk membuktikan kredibilitas perusahaan, produk, jasa yang dimiliki serta menyampaikan tujuan-tujuan ISS yang membangun branding tagline human touch.


LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Andi Ilham - Personal Name
Edisi
No. Panggil
Subyek semiotika, denotasi, konotasi dan mitos
Klasifikasi
Judul Seri
GMD Corporate Communication
Bahasa Indonesia
Penerbit Tanri Abeng University
Tahun Terbit 2022
Tempat Terbit Jakarta
Deskripsi Fisik
Info Detil Spesifik


Citation

. (2022).Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan ISS Versi "Great Experience".(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd

 



Homepage Info

Welcome To 

Repositori Dokumen

TANRI ABENG UNIVERSITY

Media Sosial / Kanal

Facebook Repository Files Documentation Official
Youtube Repository Files Documentation Official
Instagram Repository Files Documentation Official

Address

TANRI ABENG UNIVERSITY
Jl. Swadarma Raya No.58
Kelurahan Pondok Ulujami, Kecamatan Pesanggerahan, Kota Jakarta Selatan Selatan
E: yenti.sumarni@tau.ac.id